Highvolta

6 COVER ALBUM REPRESENTATIF 2018


    Pentingnya cover album / grafis desain dalam sebuah band, cover album musik yang di desain sangat kreatif  memiliki daya tarik tersendiri bagi siapapun yang melihatnya, apalagi dicetak dalam wajah sampul piringan hitam.

    Karya seni visual pada umumnya lebih memanfaatkan potensi ikonisitas. Torehan warna, goresan garis, serta segenap unsur visual lain di dalam sebuah gambar / desain, bekerja sama membentuk gugusan ikon yang bisa dikenali sebagai sesuatu , entah benda-benda, manusia, peristiwa bentuk-bentuk geometris, dan sebagainya. Hal ini terutama memang berlaku secara wantah bagi karya seni dan desain dalam wajah sebuah album.

    Untuk membuat cover album yang menarik biasanya ada sebuah kerja sama yang melibatkan para seniman, desainer, ilustrator  untuk merepresentasikan keidealismean dan merespon musik band tersebut.

    Karna cover bagian penting dari sebuah kemasan produk yang sangat komersil dan dalam sebuah bentuk band itu bisa menjadi bentuk media promosi. Seniman / desainer dapat merepresentasikan melalui gambar ilustrasi, tipografi, ataupun fotografi. Maka cover album masih dipandang sebagai bentuk seni yang penting untuk melengkapi estetika dan bentuk idealisme musik band tersebut.

    Berikut cover album yang sangat merepresentasikan musiknya dalam sebuah album band di 2017-2018:

No.1

SWASEMBADA MEONG

Ulah Baong

Grafis Desain / Artwork : Mufti Priyanka & Rangga Aditya Bintara

2017

 

No.2

KROWBAR

Swagtonnirojim

Grafis Desain / Artwork : Herry Sutresna & Uhat

2018

 

No.3

The PANTURAS

Mabuk laut

Grafis Desain / Artwork : Toma Kako & Akhmad Reiza

2018

 

No.4

FORGOTTEN

Kaliyuga

Grafis Desain / Artwork : MORRG

2018

 

No.5

SENYAWA

Sujud

Grafis Desain / Artwork : Ahmad Oka (wirosatan)

2018

 

No.6

PURE WRATH

Sempiternal Wisdom

Grafis Desain / Artwork : Aghy R. Purakusuma

2018

Latest Articles

3 lagu Kebosanan ala Mark Kozelek

Andika Tzk a.k.a Urab | 16 Januari 2019